Selasa, 16 Oktober 2012

MULTIMEDIA



1.      Pengertian Multimedia
  1. Pengertian Multimedia
        Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
        Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
            Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
            Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
            Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
            Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya.
 Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia.
Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”



 
2.      Aplikasi Multimedia


Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
A.    .Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Sumber Daya Manusia
Dari sisi sumberdaya manusia, tersedia tenaga dengan berbagai kualifikasi fungsi diantaranya sebagai multimedia designer & programmer, database designer & programmer, homepage designer, serta teknisi video kamera.
B.     Dalam Bidang Sistem Informasi
Menghadirkan solusi untuk membantu memudahkan pengelolaan sistem informasi jika memiliki lebih dari satu PC di kantor, yaitu jaringan komputer terintegrasi. Komputer yang terkoneksi ke jaringan memudahkan anda berbagi file, printer, plotter, scanner, mengakses internet sehingga tugas-tugas kantor bisa dirampungkan di rumah dengan komputer pribadi anda. Biaya yang dikeluarkan untuk Local Area Network (LAN) maupun Wireless LAN ini jelas lebih hemat dibandingkan bekerja dengan PC stand alone.
Untuk dapat memberikan solusi tepat guna dan terintegrasi kepada pelanggan maka dilakukan pengembangan jaringan dengan berbagai spesikifasi operating system (Microsoft NT Server, Free BSD dan Linux). Sistem intranet/internet (LAN) yang dikembangkan meliputi:
1.      LAN (Server dan Client), WAN, Wave LAN, VSAT
2.      Wireless LAN (Instalasi) dan Maintenance (pemeliharaan)
3.      Desain dan Denah Jaringan
4.      Website dan Registrasi ISP
5.      serta software/hardware pendukung lainnya

C.     Dalam Bidang Pembuatan Aplikasi Perangkat Lunak
Pelayanan jasa di bidang software aplikasi pada umumnya didasari oleh adanya permasalahan performansi kerja dan kebutuhan akan perolehan informasi yang cepat dan akurat. Pada prinsipnya, konsep sistem informasi di bidang apapun memiliki persamaan pada kerangka dasar yang ditentukan berdasarkan ruang lingkup dari fungsi perusahaan atau instansi itu sendiri. Ruang lingkup dari sistem informasi yang cocok untuk diterapkan di suatu instansi dapat diketahui dengan cara mengidentifikasi sistem-sistem yang berhubungan dengan produksi informasi yang dijalankan di instansi tersebut.
Pengidentifikasian sistem-sistem tersebut akan lebih akurat jika dilakukan melalui pemantuan terhadap sistem pada instansi tersebut. Dengan mengembangkan aplikasi seperti:Program aplikasi server (jaringan) berbasis Web seperti, HTML, PHP, ASP, dengan dukungan database seperti SQL Server, Mysql dll.
D.    Dalam Bidang Multimedia dan Presentasi
Dalam era globalisasi ini, kebutuhan akan sistem informasi yang canggih sudah merupakan suatu tuntutan. Sistem Informasi Multimedia merupakan salah satu solusi bagi kebutuhan sistem informasi tersebut.
Adapun usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan penggunaan aplikasi multimedia dan presentasi ini meliputi:
  1. Multimedia informasi Profil Perusahaan (Company Profile ) dan  Personal Profile.
  2. Multimedia informasi promosi suatu produk (launching)
  3. Multimedia informasi potensi daerah / wilayah termasuk informasi pariwisata,       ekonomi, budaya dan sosial.
  4. Multimedia informasi tentang pencapaian / keberhasilan suatu proyek.
  5. Multimedia aplikasi Presentasi (kuliah,training,seminar,dll).
  6. Multimedia aplikasi paket Seminar (Backdrop dan Profile).
  7. Multimedia aplikasi paket-paket kesenian dan budaya (VCD, DVD, Flashscreen projector).
  8. Multimedia aplikasi paket Perkawinan (Multimedia Wedding) 

Dalam pemanfaatan teknologi informasi, Kementerian Pertanian saat ini telah memanfaatkan kecanggihan ICT (Information and Communication Technology) untuk mempublikasikan data dan informasi melalui satu pintu yang infrastrukturnya dibangun oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin). Dengan pesatnya perkembangan teknologi ICT, Pusdatin mulai mengembangankan publikasi data dan informasi dengan basis aplikasi multimedia dan aplikasi berbasis web.
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Perkembangan bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web tersebut.
Sumber Daya Yang Tersedia
Dalam mengembangkan aplikasi berbasis multimedia serta aplikasi berbasis web, Pusdatin memiliki sumber daya yang terdiri dari software, hardware, serta brainware :
a)      Software :
o    Multimedia Authoring
o    Digital Photo Editing
o    Homepage Design
o    Database Design
b)      Hardware :
o    Multimedia PC
o    Multimedia Room
o    Database Server
o    Video Rendering
o    Video Camera
o    Digital Camera
c)      Brainware
Dari sisi sumberdaya manusia, saat ini telah tersedia beberapa tenaga dengan berbagai kualifikasi fungsi diantaranya sebagai multimedia designer & programmer, database designer & programmer, homepage designer, serta teknisi video kamera.

3.     PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA
  Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
1.        Windows Live Movie Maker  
Windows Live Movie Maker  adalah perangkat lunak yang merupakan bagian dari Windows Live Essentials. Fungsi utama  program  ini adalah untuk melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan  gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting.
Secara default, menu utama yang ditampilkan adalah:
·         Home
·         Animations
·         Visual Effect
·         Project
·         View
Pada saat ada berkas film yang dibuka, secara otomatis ribbon program ini menambah dua menu lagi (meskipun terkadang tidak muncul secara bersamaan), yaitu:
  •     Video Tools Edit
  •     Text Tools Format
Program kecil ini hanya memiliki berbagai fitur dasar penyuntingan video yang sangat sederhana, namun sudah mencukupi bagi para pengguna pemula.
Cara kerja MovieMaker adalah :
Sebelumnya kita mempelajari, hampir sama dengan pembuatan “stop motion” kali ini pergerakan gambarnya dinamakan clay motion. Clay Motion adalah animasi gambar yang objeknya dibentuk dan dihiasi sendiri secara alami dan natural oleh kreator. Berbeda dengan stop motion, stop Motion objeknya dimanipulasi oleh aplikasi semacam  photoshop maupun aplikasi grafis lainnya.
Langkah – langkah dalam membuatnya adalah:
1.      Buka Aplikasi Windows Movie Maker. Pada menu Movie Task, klik pilihan Import Pictures > pilih gambar yang ingin kita jadikan Animasi > Import.
2.      Setelah gambar masuk, Block semua gambar atau tekan Shortcut Ctrl+A > Klik Kanan > Add To Timelines.
3.      Anda bisa mengubah struktur timelinesnya dengan cara meng-klik salah satu gambar > tahan > lalu geser ke kiri atau ke kanan sesuai waktu yang anda  inginkan.
4.      Untuk melihat hasil pekerjaan anda, klik tombol play di bagian kanan atas.
5.      Jika anda merasa pekerjaan anda sudah selesai, klik menu Save to my Computer pada bagian Movie Task.
6.      Gunakan pilihan Best Quality agar Animasi lebih terlihat ke asliannya.

1.      Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
·        Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
·        Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
·        WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
·        PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
·        Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
·        DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
·        Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
·        XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
·        Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
·        Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
·        Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
·        Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
·        Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
·        TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.

Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
·        ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
·        XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
·        Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
·        Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
·        Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..


Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
·        Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
·        Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
·        Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
·        Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
·        GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
·        Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
·        Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
·        Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
·        3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
·        Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh  Nevercenter Ltd. Co.
Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp

4.      ELEMEN MULTIMEDIA
 


istilah multimedia yang merupakan perpaduan dari kata multi dan media. Kata multi
berarti banyak atau lebih dari satu, sedangkan kata media berarti sarana atau piranti untuk
berkomunikasi. Jadi Multimedia berarti suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, lunak
dan alat-alat lain guna mendukung proses informasi.
Dalam industri elektronika, Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara,
gambar, dan teks (McCornick, 1996) atau Multimedia merupakan kombinasi dari paling
sedikit dua media input ataupun dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang
dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio, gambar dan video (Robin dan Linda, 2001).
Multimedia terbagi dalam beberapa elemen (James A.Senn, 1998: 343), diantaranya:

  1. Teks ( Teks )
Teks adalah salah satu elemen dari multimedia yang sangat membantu dalam memperjelas informasi untuk konsumen. Pada teks ini terdapat berbagai macam karakter yang disediakan dan pemakaianya tergantung dari iklan atau tema yang diangkat.
  1. Gambar ( Image )
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting dalam dunia multimedia. Sebab sebuah gambar dapat menggambarkan ribuan kata-kata. Dengan sebuah gambar, pesan-pesan dapat kita ungkapkan dengan lebih indah dan mudah.
  1. Suara (Audio)
Beberapa tahun yang lalu pemakai PC sudah cukup puas dengan PC speaker yang hanya mengeluarkan nada tertentu pada suatu saat. Dalam teknologi multimedia, suara mempunyai peranan yang cukup tinggi bila kita tinjau dari visi utama informasi multimedia yaitu memanfaatkan segala indera manusia terutama mata dan telinga.
  1. Video
Video merupakan gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps (frame per second). Karena dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka tercipta ilusi gerak yang halus, semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yang ditampilkan.
  1. Animasi (Animation)
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film - film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.



5.      BERIKUT INI ADALAH GAMBAR-GAMBAR APLIKASI DAN ELEMEN MULTIMEDIA


ELEMEN MULTIMEDIA

APLIKASI MULTIMEDIA







REFERENSI:

1.     [Jani, 2009]  Janiansyah, “Pengertian Multimedia”, http://janiansyah.wordpress.com/, diakses tanggal 07 Oktober 2012, jam 09.00.

2.     [Iman, 2011] Imanuel, Victor, “5 Elemen Multimedia” http://victz26.blogspot.com, diakses tanggal 07 Oktober 2012, jam 09.10.

3.     [Hakim, 2012] Hakim, Zainal, “Penerapan Multimedia” www.satriamultimedia.com, diakses tanggal 07 Oktober 2012, jam 09.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar